Selasa, 16 November 2010

7 Rahasia Mastermind

Maen2 ke blog orang dapet info berharga tentang Master Mind. Bagi yang belum tau tentang mastermind, bisa mendapat gambaran sekilas dari blognya mas tiyok salah seorang teman MM Subur yang sering kumpul di Dojo.

Di blogrollnya mas tiyok aku nemu link ke salah satu blog milik kelompok MM yang menamakan dirinya TDA cipasera. Ngeliad desain webnya, i just say, keren juga ne kelompok, narsis, dan kayaknya si keliatan kompak. Smoga bener...hehehe



Setelah asik menilik secara visual desain blognya, kutelusuri headline posting yang ada, dan menemukan satu materi menarik tentang master mind. Walau sudah sekitar 4 kali melakukan MM aku masi belum benar2 tau aturan main, tujuan, dan cara me-manage sebuah MM. Sedikit pengetahuan tentang master mind kata mas (nyari blognya dia sekalian...gotcha) Agung Simply Fresh, master mind ini sebenernya pola sharing yang ditemuin oleh napoleon bonaparte. Mungkin gara2 itu ya dia bisa ngobrak abrik peta eropa pas jamannya.Oia sampe sini saya harap semua uda tau kalo saya nulis MM itu refers to Master Mind, ok??

Balik ke blog...walau saya tau teman2 bisa mendapat isi 7 rahasia mastermind di blog TDA cipasera biarkan saya menghemat waktu teman2 dengan meng-copastanpaedit isinya di blog saya. Smoga bisa menambah ilmu.

7 Rahasia Mastermind menurut TDA cipasera adalah

Tujuh rahasia untuk menciptakan dan mempertahankan sebuah kelompok mastermind yang sukses adalah sebagai berikut:

1. Kita harus mempunyai tim dengan sudut pandang dan latar belakang yang beraneka ragam.
Karena kita menginginkan perspektif yang berbeda, maka orang-orang dalam tim harus berasal dari industri atau bidang keahlian yang berbeda pula. Ketika megembangkan atau menyusun ulang ide-ide dari perspektif yang berbeda, ide yang lebih baik biasanya akan diperoleh.


2. Pilihlah seseorang untuk memimpin kelompok
Jika mastermind beranggotakan lima atau lebih, maka sudah saatnya menunjuk seorang pemimpin. Pemimpin akan menjaga tim tetap di jalan yang tepat. Membantu semua orang dalam membuka pemikiran mereka pada saat proses menghasilkan ide.


3. Buatlah sebuah tujuan bersama.
Sebuah tim akan efektif jika tujuan atau hasil yang ingin dicapai jelas. Hampir semua mastermind yang kekurangan visi dan sebuah tujuan bersama akan mengalami kegagalan.


4. Milikilah agenda
Agenda ini sangat penting untuk menjaga tim mastermind tetap terfokus pada saat pertemuan.


5. Bukalah pikiran.
Masing-masing anggota tim harus tetap terbuka. Ketika sebuah ide pertama kali dikemukakan, catatlah ide tersebut tanpa melakukan perubahan. Baru setelah semua ide dikemukakan, baru diteliti satu persatu. Kembangkanlah masing-masing ide sehingga diperoleh ide yang lebih bagus. Lalu pilihlah ide yang paling efektif, dan ambillah tindakan.


6. Berikan waktu tertentu dan adakanlah pertemuan secara teratur.
Pertemun yang efektif sebaiknya setiap minggu, atau minimal dua kali sebulan. Pertemuan yang teratur dan konsisten sangat penting. Jika tidak, momentum dan antusiasme akan menurun.


7. Bersenang-senanglah.
Bersenang-senanglah, have Fun... Ini adalah hal yang paling penting. Karena jika kita dan semua orang yang ada dalam kelompok mastermind bergembira, maka kualitas dari ide-ide akan naik.
Sumber : Meet And Grow Rich by Joe Vitale and Bill Hibbler 


Sebagian point dari rahasia master mind sudah kami lakukan, sebagian yang lain belum, yah semoga dengan melakukan semuanya kita bisa jadi lebih baik lagi. Amin :


MM Belum Ada Judul di Keiko Jakal

2 komentar:

Ayu Kinanti Dewi mengatakan...

Ihi..
Matur nuwun sdh dirangkumkan :D
Kbetulan kmarin aq jg biz MM sm para wanita.
Alhamdulillah udh 4-5 poin yg dilakukan ;)

*u make me wanna update my blog again,bro x)

Sang Indra mengatakan...

hahaha...ya sama2 mbak...aku juga baru aja ngerti apa fungsi blogging ko mba...teryata blogging writing telling is all about

sharing

n its good...really good

hehehe

sukses mbak kiki dengan medoghnya :D